FAQ

  • Pertanyaan :

    Bagaimana menghaluskan garis pada plot indeks yang dihitung?


    Jawaban :

    Garis merah di plot yang dihaluskan dihitung dengan menggunakan lowess smoother function dengan parameter: f=1/5, iter= 3, dengan menggunakan code Fortran dari wsc@research.bell-labs.com, W. S. Cleveland, Bell Laboratories, Murray Hill NJ 07974.Referensi:Cleveland, W.S. (1979). Robust locally weighted regression and smoothing scatterplots. J.Amer.Statist.Assoc., 74, 829-836.Cleveland, W.S. (1981). LOWESS: A program for smoothing scatterplots by robust locally weighted regression. The American Statistician, 35, 54.

  • Pertanyaan :

    Mengapa beberapa stasiun tidak muncul pada peta tren, meskipun lot time seri tersedia?


    Jawaban :

    Untuk nilai tren yang dihitung, stasiun harus memiliki sedikitnya 80% dari periode yang akan dihitung trennya. Sebagai contoh, untuk jangka waktu tren 1901-1999 (99 tahun), minimal 80 tahun data yang valid harus dimiliki. Juga, hasil uji homogenitas untuk seri yang mendasari harus 'berguna' atau 'diragukan' untuk periode ini. Jika hasil tes adalah 'tersangka' atau kurang dari 80% dari tren periode data indeks yang valid, tren untuk stasiun tersebut tidak dihitung dan karena itu tidak diplot pada peta tren. Time seri plot dihasilkan jika data indeks yang valid tersedia untuk stasiun yang bersangkutan, dengan batasan nilai indeks untuk tahun yang bersangkutan hanya dihitung jika data yang hilang, tidak lebih dari 3%.

  • Pertanyaan :

    Bagaimana cara mengajukan permohonan layanan informasi di kantor PTSP BMKG?


    Jawaban :

    Cara mengajukan permohonan layanan informasi di kantor PTSP BMKG adalah sebagai berikut : 

    1. Datang langsung ke Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) BMKG di Jalan Angkasa I no. 2 Kemayoran Jakarta Pusat. Gedung E, Kirim email ke : ptsp[at]bmkg.go.id , atau kirim fax ke 021-65867063 dengan membawa :Surat Permohonan yang ditanda tangani (jika dari perusahaan, dibubuhkan stempel perusahaan)Surat tugas (jika dari perusahaan menugaskan org lain untuk mengurus permohonan ke BMKG)Fotokopi KTP pemohon.
    2. Petugas PTSP membuatkan formulir permohonan dari PTSP yang akan di tanda tangani oleh pemohon.
    3. Melakukan pembayaran (khusus untuk permohonan analisa cuaca, pembayaran dilakukan di awal masuk berkas permohonan), dengan cara:Pembayaran tunai ke bendahara penerima yang bertugas di PTSP.Transfer ke rek. Bendahara Penerima BMKG (jika sudah melakukan transfer harus mengirimkan bukti transfernya ke PTSP)
    4. Jika berkas permohonan sudah lengkap, permohonan akan diproses dalam waktu kurang lebih 14 hari kerja, khusus analisa cuaca, pengerjaannya kurang lebih 14 hari kerja per lokasi per harinya.
    5. Jika hasil sudah ada, petugas PTSP akan segera menghubungi pemohon melalui telepon atau email, untuk mengambil hasil di kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).
    6. Pembayaran khusus untuk kalibrasi alat Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika : Membayar sesuai total tagihan kalibrasi alat yang akan diambil pemohon berdasarkan nomor order alat yang diperoleh dari lab.kalibrasi.BMKG Bayar langsung/tunai di PTSPBerkas lengkap sebagai dasar untuk pengambilan alat dan sertifikat di lab. kalibrasi.

  • Pertanyaan :

    Bagaimana cara mengajukan permohonan layanan bagi mahasiwa?


    Jawaban :

    Mahasiswa diberlakukan tarif nol rupiah dengan syarat kelengkapan sebagai berikut : 

    1. Surat pengantar (sesuai contoh A) lampiran link di bawah, 
    2. Surat pernyataan (sesuai contoh B) lampiran link di bawah, 
    3. Surat permohonan (sesuai contoh C) lampiran link di bawah, 
    4. Proposal penelitian yang sudah dijilid rapi disertai dengan lembar pengesahan dari dosen, dan 
    5. Fotokopi KTM dan KTP. Untuk keterangan lebih lanjut dapat melihat pada PERKA Kepala BMKG pada link berikut   http://ptsp.bmkg.go.id/upload/file_menu/20190827095620.PDF


  • Pertanyaan :

    Bagaimanakah jam pelayanan PTSP BMKG ?


    Jawaban :

    Hari : Senin s/d Jumat, waktu : 09.00 s/d 15.00 WIB, dan istirahat : 12.00 s/d 13.00 WIB

  • Pertanyaan :

    Melalui apa saja Pelanggan dapat mengontak PTSP BMKG ?


    Jawaban :

    Pelanggan dapat mengontak PTSP BMKG melalui Online Chat di website resmi : http://ptsp.bmkg.go.id, telpon : (021) 4246321, fax : (021) 4246703, atau email : ptsp.bmkg[at]bmkg.go.id.

  • Pertanyaan :

    Apakah pemohon bisa mengajukan permohonan tanpa harus datang ke PTSP?


    Jawaban :

    Bisa, Pelanggan dapat menggunakan web resmi PTSP BMKG untuk melakukan transaksi. Pelanggan harus melampirkan berkas permohonan yang lengkap dan sudah ditandatangani dalam bentuk pdf. Apabila mengalami kesulitan dalam menggunakan aplikasi, pelanggan dapat mengirimkannya melalui email ke ptsp.bmkg[at]bmkg.go.id atau fax ditujukan ke (021) 4246703.

  • Pertanyaan :

    Apakah data bisa diperoleh dalam bentuk softcopy?


    Jawaban :

    Bisa untuk beberapa hasil tertentu saja, prosesnya sejak awal pemohon sudah menginformasikan dan menyerahkan 1 (satu) buah CD untuk penyimpanan data hasilnya.