Demi Peningkatan Layanan MKG, PTSP BMKG Studi Banding ke DPM PTSP Kota Batu, Malang
Malang, 16 November
2022 - Kepala Biro Hukum dan Organisasi BMKG, M. Muslihhuddin dan Koordinator
Humas BMKG beserta Tim melakukan kunjungan ke Dinas Penanaman Modal (DPM) PTSP
Kota Batu. Muslihhuddin beserta Tim diterima di Kantor Dinas Penanaman Modal
PTSP Kota Batu oleh Kepala Dinas dan Sekretaris Dinas Penanaman Modal (DPM)
PTSP Kota Batu, Bapak Muji Dwi Leksono, SH, MM dan Ibu Efi Rahyoeningtyas, S.E,
MM.
Kegiatan ini dalam
rangka studi Banding / Benchmarking layanan PTSP BMKG dengan
Layanan DPM PTSP Kota Batu, dengan harapan dapat menemukan inovasi baru untuk
meningkatkan kualitas layanan MKG di PTSP BMKG.
Rombongan BMKG
diterima oleh Kepala Dinas DPM PTSP Kota Batu, Bapak Muji di Ruang Rapat dan
berkesempatan melakukan diskusi dengan tim PTSP BMKG. Selain itu, Ia juga
menjelaskan secara rinci terkait profil dan berbagai macam bentuk layanan di
Dinas Penanaman Modal PTSP Kota Batu. Tim PTSP BMKG juga berkesempatan
melakukan kunjungan ke Stand Layanan dan melihat berbagai fasilitas yang
dimiliki oleh Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kota Batu.
Bapak Muji dalam
sambutannya menjelasakan tentang berbagai macam fasilitas dan layanan yang
dimiliki oleh DPM PTSP Kota Batu. Dalam hal Mekanisme Palayanan, terdapat 4
(empat) Mekanisme yaitu : Pelayanan Langsung, Pelayanan secara Elektronik
secara 24 jam dengan aplikasi "sicantik", Pelayanan Pendampingan dan
Pelayanan Bergerak (layanan ke desa-desa).
Selain itu, Muji
juga menjelaskan DPM PTSP Kota Batu memiliki Mall Pelayanan Publik (MPP) yang
membawahi sekitar 20 layanan dari berbagai Instansi Pemerintah dan Non
Pemerintah, seperti : PDAM, Pos Indonesia, BPJS, Kemenag RI, Bank Jatim,
Pengadilan Agama, Kejaksaan RI, telkom dan lain lain. Dengan Moto M3 yaitu
Menyatu Melayani Masyarakat (M3), MPP ini diharapkan menjadi wadah untuk
memberikan prima kepada masyarakat Kota Batu.
Yang berbeda dari
layanan yang dimiliki DPM PTSP Kota Batu, mereka juga memiliki maskot yang
dinamakan Putri Kirili dan Putri Sigisi yang mempunyai singkatan Menjemput,
mencari Rezki menghindari Pungli dan Sinergi anti Gratifikasi dan Korupsi,
dengan harapan para pegawai di DPM Kota Batu dapat termotivasi dalam memberikan
pelayanan yang prima, Bertanggung jawab dan amanah kepada masyarakat Kota Batu.
Dengan kegiatan ini
Taufan selaku Koordinator Humas dan PTSP berharap PTSP BMKG dapat menerapkan
ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) sehingga dapat menemukan inovasi-inovasi yang
baru supaya dapat meningkatkan kualitas pelayanan, khususnya dalam memberikan
layanan data dan informasi MKG kepada para stakeholder.